Kapan Mempertimbangkan Pinjaman Pribadi

Kapan Mempertimbangkan Pinjaman Pribadi

Sebelum Anda memilih pinjaman pribadi, ada baiknya Anda mempertimbangkan apakah mungkin ada cara yang lebih murah untuk meminjam. Beberapa alasan yang dapat diterima untuk memilih pinjaman pribadi adalah:

  • Anda tidak memiliki dan tidak dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu kredit berbunga rendah.
  • Batas kredit pada kartu kredit Anda tidak memenuhi kebutuhan pinjaman Anda saat ini.
  • Pinjaman pribadi adalah pilihan pinjaman Anda yang paling murah.
  • Anda tidak memiliki jaminan untuk ditawarkan.

Anda mungkin juga mempertimbangkan pinjaman pribadi jika Anda perlu meminjam untuk jangka waktu yang cukup singkat dan jelas. Pinjaman pribadi biasanya berjalan dari 12 hingga 60 bulan. 3 Jadi, misalnya, jika Anda memiliki sejumlah uang yang harus Anda bayar dalam dua tahun tetapi tidak cukup arus kas untuk sementara, pinjaman pribadi dua tahun dapat menjadi cara untuk menjembatani kesenjangan itu.

Di sini, misalnya, ada lima keadaan ketika pinjaman pribadi mungkin masuk akal.

1. Konsolidasi Hutang Kartu Kredit

Jika Anda berhutang banyak pada satu atau lebih kartu kredit dengan suku bunga tinggi, mengambil pinjaman pribadi untuk melunasinya dapat menghemat uang Anda. Misalnya, pada saat tulisan ini dibuat, tingkat bunga rata-rata pada kartu kredit adalah 19,49%, sedangkan tingkat rata-rata pinjaman pribadi adalah 9,41%. 1 Perbedaan itu seharusnya memungkinkan Anda membayar saldo lebih cepat dan membayar bunga lebih sedikit secara total. Plus, lebih mudah untuk melacak dan melunasi satu kewajiban utang daripada banyak utang.

Namun, pinjaman pribadi bukan satu-satunya pilihan Anda. Sebagai gantinya, Anda mungkin dapat mentransfer saldo Anda ke kartu kredit baru dengan tingkat bunga yang lebih rendah, jika Anda memenuhi syarat. Beberapa penawaran transfer saldo bahkan membebaskan bunga untuk masa promosi enam bulan atau lebih.

2. Melunasi Hutang Bunga Tinggi Lainnya

Meskipun pinjaman pribadi lebih mahal daripada beberapa jenis pinjaman lainnya, itu belum tentu yang paling mahal. Jika Anda memiliki pinjaman gaji, misalnya, kemungkinan akan membawa tingkat bunga yang jauh lebih tinggi daripada pinjaman pribadi dari bank. Demikian pula, jika Anda memiliki pinjaman pribadi yang lebih tua dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada yang Anda akan memenuhi syarat untuk hari ini, menggantinya dengan pinjaman baru dapat menghemat uang Anda. Namun, sebelum Anda melakukannya, pastikan untuk mengetahui apakah ada penalti pembayaran di muka atas pinjaman lama atau biaya aplikasi atau originasi pada pinjaman baru. Biaya tersebut terkadang bisa sangat besar.

3. Membiayai Perbaikan Rumah atau Pembelian Besar

Jika Anda membeli peralatan baru, memasang tungku baru, atau melakukan pembelian besar lainnya, mengambil pinjaman pribadi bisa lebih murah daripada membiayai melalui penjual atau memasukkan tagihan ke kartu kredit. Namun, jika Anda memiliki ekuitas yang dibangun di rumah Anda, pinjaman ekuitas rumah atau jalur kredit ekuitas rumah masih bisa lebih murah. Tentu saja, keduanya adalah hutang yang dijamin, jadi Anda akan mempertaruhkan rumah Anda.

4. Membayar untuk Acara Kehidupan Besar

Seperti halnya pembelian besar lainnya, membiayai acara yang mahal, seperti bar atau bat mitzvah, pesta ulang tahun tonggak penting, atau pernikahan, bisa lebih murah jika Anda membayarnya dengan pinjaman pribadi daripada kartu kredit. Menurut survei tahun 2021 oleh Brides and Investopedia, satu dari lima pasangan AS akan menggunakan pinjaman atau investasi untuk membantu membayar pernikahan mereka. Sama pentingnya dengan peristiwa-peristiwa ini, Anda mungkin juga berpikir untuk sedikit mengurangi jika itu berarti berhutang selama bertahun-tahun yang akan datang. Untuk alasan yang sama, meminjam untuk mendanai liburan mungkin bukan ide yang bagus, kecuali jika itu adalah perjalanan seumur hidup.

5. Meningkatkan Skor Kredit Anda

Mengambil pinjaman pribadi dan melunasinya tepat waktu dapat membantu meningkatkan skor kredit Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat pembayaran yang terlewat untuk hutang lain. Jika laporan kredit Anda menunjukkan sebagian besar utang kartu kredit, menambahkan pinjaman pribadi juga dapat membantu “campuran kredit” Anda. Memiliki berbagai jenis pinjaman, dan menunjukkan bahwa Anda dapat menanganinya secara bertanggung jawab, dianggap sebagai nilai plus untuk skor Anda.