Cara Keluar dari Utang dalam 5 Langkah Mudah

Cara Keluar dari Utang dalam 5 Langkah Mudah

Utang memiliki cara menumpuk lebih cepat dari yang kita sadari. Jika Anda memiliki banyak hutang kartu kredit berbunga tinggi, misalnya, Anda mungkin merasa tidak akan pernah membuat kemajuan. Untungnya, Anda bisa keluar dari utang lebih cepat jika Anda melakukannya dengan cara yang benar. Plus, Anda dapat menghemat sejumlah besar uang dalam prosesnya. Berikut adalah 5 strategi untuk melunasi hutang Anda.

1. Buat Anggaran

Jika Anda tidak memiliki anggaran, Anda mungkin tidak tahu apakah Anda membelanjakan lebih dari yang Anda hasilkan. Penganggaran, kedengarannya membosankan, bisa menjadi alat yang berguna untuk mengelola uang Anda dan merencanakan masa depan Anda. Anda dapat menggunakan perangkat lunak dan aplikasi penganggaran seperti Mint, You Need a Budget, atau PocketGuard untuk membuat anggaran, tetapi Anda juga dapat membuat anggaran yang efektif hanya dengan notepad dan pena.

Untuk memulai, tuliskan berapa banyak uang yang Anda terima setiap bulan. Sertakan penghasilan dari pekerjaan Anda dan sumber lainnya.

Selanjutnya, catat semua pengeluaran tetap Anda yang berulang. Sertakan sewa atau hipotek Anda, tagihan utilitas, premi asuransi, pembayaran kartu kredit minimum, dan bahan makanan. Lihatlah berapa banyak yang biasanya Anda keluarkan untuk pengeluaran yang tidak penting, seperti makan di luar atau hiburan.

2. Tingkatkan Penghasilan Anda

Ketika datang untuk membebaskan uang, hanya ada begitu banyak sudut yang dapat Anda potong. Setelah membuat anggaran dan menghilangkan beberapa pengeluaran, tujuan Anda selanjutnya adalah meningkatkan penghasilan Anda. Jika kenaikan gaji atau promosi di pekerjaan penuh waktu Anda tidak mungkin, cari cara agar keterampilan Anda bisa memberi Anda uang tambahan.

3. Gunakan Strategi Longsor Hutang

Ketika Anda telah menemukan uang tambahan untuk melunasi hutang Anda, Anda perlu memutuskan cara terbaik untuk menggunakannya. Alat yang paling efektif bagi banyak orang kadang-kadang disebut strategi longsoran utang.

Dengan metode debt avalanche, Anda membuat daftar semua hutang Anda yang ada, mengurutkannya dari yang berbunga paling tinggi hingga yang paling rendah. Sementara Anda terus melakukan pembayaran minimum di setiap akun, Anda memasukkan uang ekstra yang Anda miliki ke akun dengan tingkat bunga tertinggi.

Ketika utang berbunga tertinggi Anda sudah lunas, pindah ke rekening dengan suku bunga tertinggi berikutnya. Lanjutkan proses ini sampai semua hutang Anda ada di belakang Anda.

Dengan mengatasi utang berbunga tertinggi terlebih dahulu, Anda akan melunasi utang Anda lebih cepat dan menghemat lebih banyak uang dalam bunga total dari waktu ke waktu.

4. Pertimbangkan Konsolidasi Utang

Jika Anda memiliki utang berbunga tinggi, konsolidasi utang dapat membantu mempercepat pembayaran Anda. Dengan konsolidasi utang, Anda mengambil pinjaman pribadi di bank atau pemberi pinjaman terkemuka lainnya dan menggunakannya untuk melunasi utang Anda yang lain. Sekarang Anda hanya memiliki satu pinjaman untuk dikelola dan satu pembayaran bulanan ke depannya.

Selain itu, jika Anda memiliki kredit yang bagus atau anggota keluarga atau teman dengan kredit bagus yang bersedia menjadi cosign untuk Anda dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman konsolidasi utang dengan tingkat bunga yang lebih rendah daripada yang Anda bayarkan untuk utang Anda sebelumnya. Itu dapat membantu Anda melunasi hutang Anda lebih cepat dan menghemat uang Anda dalam jangka panjang.

5. Lacak Kemajuan Anda

Menyingkirkan hutang tidak terjadi dalam semalam, dan motivasi Anda mudah hilang di tengah jalan. Agar tetap fokus, lacak kemajuan Anda secara berkala, seperti check-in mingguan atau bulanan.