Cara Melakukan Analisis Bisnis Strategis Bagi Pemula

Cara Melakukan Analisis Bisnis Strategis Bagi Pemula

Setiap pengusaha di pasar perlu melakukan analisis bisnis pada perusahaan mereka. Ini adalah strategi yang efisien untuk memastikan bahwa semuanya diatur pada jalur yang benar, terutama dengan kinerja bisnis dan pemahaman keseluruhan tentang tingkat persaingan di industri.

Analisis bisnis strategis tidak fokus pada pesaing bisnis saja. Ini juga membantu untuk memahami kekuatan utama bisnis dan peluang yang dapat dieksplorasi, sebagai suatu entitas, untuk melangkah lebih jauh ke dalam tujuan perkembangannya.

Artikel ini akan memberi Anda petunjuk ramah pemula yang dapat Anda manfaatkan dalam bisnis Anda saat melakukan analisis bisnis strategis. Baca terus!

Pahami Arsitektur dan Budaya Perusahaan Anda

Ketika masalah yang berkaitan dengan melakukan analisis bisnis muncul, Anda mulai dengan menganalisis apa yang ada di dalam organisasi Anda. Pahami apa yang mendorong bisnis Anda. Apa rantai komando di perusahaan Anda dan budaya apa yang telah Anda kembangkan untuk karyawan Anda?

Misalnya, Anda menjadi suku cadang dan memiliki waralaba dari sunwayautoparts.com. Meskipun produk mereka memiliki kualitas yang lebih tinggi dan merek yang mapan, cara karyawan Anda menangani berbagai hal dan interaksi mereka dengan pelanggan dapat memengaruhi perusahaan Anda secara positif atau negatif.

Pada dasarnya, memahami arsitektur dan budaya perusahaan Anda membantu Anda memahami mengapa Anda berada di tempat saat ini di pasar tempat Anda berada.

Juga, jumlah orang yang terlibat dalam membuat keputusan penting dalam perusahaan Anda juga penting.

Lakukan Penilaian Kemampuan

Ini adalah saat Anda melakukan serangkaian evaluasi atas kinerja perusahaan Anda dibandingkan dengan pesaing Anda di industri ini. Anda dapat melakukan ini dengan berbicara dengan karyawan Anda dan meminta mereka untuk menjawab lembar secara anonim. Ini membantu mereka untuk terbuka dan memberikan umpan balik yang jujur, yang membantu dalam menentukan area kelemahan di perusahaan Anda.

Hal yang paling menakjubkan untuk melakukan ini hari ini adalah bahwa ada beberapa perangkat lunak penilaian yang luar biasa yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan umpan balik lebih cepat, yang pada akhirnya berarti Anda dapat maju ke langkah berikutnya lebih cepat.

Demikian juga, para ahli menyarankan untuk berinvestasi dalam kemampuan perusahaan untuk mendorong kinerja organisasi Anda di industri lebih jauh.

Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Perusahaan Anda

Sekarang setelah Anda melakukan penilaian kemampuan organisasi, Anda dapat menggunakan umpan balik untuk melihat area kelemahan dan kekuatan Anda. Ini tidak berarti bahwa Anda menganggap ini sebagai kritik, melainkan sebagai kesempatan untuk mengetahui area yang perlu Anda tingkatkan.

Untuk kelemahannya, buatlah daftarnya dan lakukan brainstorming dengan tim Anda (jika ada) untuk menemukan solusi bagi mereka. Anda juga dapat melibatkan seorang ahli sehingga Anda bisa mendapatkan lebih banyak saran dan ide tentang cara meningkatkannya.

Kekuatan Anda harus menjadi area pembeda Anda dari pesaing Anda. Tapi Anda tidak harus hanya menempel di sana. Temukan cara untuk membuat kekuatan Anda lebih menonjol dan berbeda di pasar. Ini memberi Anda keunggulan atas pesaing Anda.

Bedakan Peluang dan Ancaman Anda

Ini semua adalah faktor-faktor yang berada di luar perusahaan Anda tetapi tidak mempengaruhinya secara langsung. Sekarang, dengan mengambil contoh sebelumnya, katakanlah Anda menyukai suku cadang otomotif, dan Anda telah melihat peluang untuk menambahkan beberapa LED Rim ke bengkel Anda.

Ini bisa menjadi peluang yang bisa Anda coba. Namun, jika pesaing Anda menawarkan hal yang sama dan mulai melakukannya lebih awal dari yang Anda lakukan, maka Anda berisiko mengalami kerugian jika Anda memutuskan untuk langsung melakukannya tanpa terlalu memikirkannya.

Akibatnya, ada ancaman eksternal lain yang mungkin terjadi seperti aktivitas politik dan kemakmuran, yang dapat menentukan pergeseran tren pasar.

Secara keseluruhan, Anda perlu menganalisis sepenuhnya lingkungan di sekitar perusahaan Anda dan sejauh mana hal itu dapat memengaruhi bisnis Anda, baik positif maupun negatif.

Ini mungkin serangkaian masalah yang mungkin dihadapi bisnis Anda. Baik tantangan interior maupun eksterior. Mereka membantu Anda dalam membentuk jalan yang lebih baik untuk diambil dalam memecahkan masalah ini. Dalam pemahaman yang lebih baik, memecahkan masalah ini membantu Anda memahami setiap detail kecil yang dialami perusahaan Anda.

Anda dapat memulai dengan karyawan Anda. Pahami kebutuhan mereka dan apakah mereka nyaman dengan lingkungan kerja. Jika tidak, temukan cara untuk membuat mereka nyaman. Ini dilakukan melalui ruang permainan 3D sederhana yang dapat mereka gunakan dalam waktu istirahat 5-10 menit. Yang Anda butuhkan hanyalah pencahayaan sederhana dan layar game 3D dan Anda sudah siap.

Terutama, seberapa positif perasaan karyawan Anda ketika mereka mulai bekerja menentukan hampir setengah dari masalah yang mungkin dihadapi bisnis Anda.

Luangkan waktu untuk bertukar pikiran tentang masalah ini dengan tim Anda.

Sekarang, ini adalah hal penting yang tidak ingin Anda lupakan. Luangkan waktu Anda untuk memahami kelayakan solusi bisnis Anda sejauh ini. Risiko apa yang terlibat? Apakah Anda puas dengan hasilnya? Apakah solusi Anda menawarkan apa yang klien cari sepenuhnya atau apakah mereka perlu ditingkatkan?

Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan memberi Anda pemahaman yang jelas tentang model bisnis Anda secara keseluruhan dan bagaimana meningkatkannya.

Analisis bisnis strategis adalah bagian luas yang membutuhkan perencanaan terperinci. Luangkan waktu Anda saat melakukan dan mendapatkan bantuan di mana Anda merasa mandek. Semoga berhasil!